RSS

Pengertian Web Desain

22 Mei

Pengertian Web Desain

Web Desain adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana tampilan isi suatu website atau situs. Tampilan dari website biasanya berupa hypertext (HTML) atau hypermedia yang dikirimkan ke users melalui World Wide Web. Untuk menampilkan suatu desain web atau isi dari suatu website, dibutuhkan sebuah browser web atau software (perangkat lunak) berbasis web. Tujuan dari web desain adalah untuk membuat website yang meliputi sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada web server. Bisa juga, sebuah website berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif maupun statis.

Apa itu Web desain?
Pengertian web desain itu proses penyusunan konsep, rencana desain, pembuatan model desain web, dan pengeksekusian cetak biru desain ke dalam bentuk situs. Nantinya situs ini dibuat menggunakan bahasa markup seperti HTML. Bahasa markup itu diterjemahkan web browser seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, dan WebTV) pada interface software browser tsb. Nantinya situs menampilkan konten Internet (atau yg biasa kita sebut World Wide Web… WWW).

Tujuan mendesain web itu bisa beraneka motif kepentingan. Namun biasanya, alasan mendesain web itu adalah agar bisa membangun situs berisi ribuan halaman situs yg tersimpan pada web server/servers dan menampilkan konten secara interaktif kepada pengguna web menggunakan web browser. Untuk mencapai tujuan web desain itu, seorang webdesigner mendesain menggunakan elemen web berikut ini

1. WEB
2. Gambar (format gambar GIF, JPEG, PNG),
3. HTML, XHTML, XML, dan tag bahasa pemograman web lainnya .
4. Grapik Vektor
5. Animasi Flash
6. Video Quciktime
7. Suara

Tugas Web Design

Kemampuan Adobe Photoshop dalam image editing memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai fitur dan kemudahan yang dimilikinya membuat Photoshop menjadi program image editing yang populer. Tampilan interface yang mudah digunakan, dengan berbagai fiturnya yang handal, sangatlah membantu dalam pengolah gambar dan foto. Adobe Photoshop Seri Creative Suite 2 Sudah agak lama diluncurkan, saat ini sudah ada versi terbaru yaitu Adobe Photoshop CS3 dan Adobe Photoshop CS4. Beragam fitur menarik yang dimilikinya sangat membantu, baik bagi yang masih pemula maupun yang sudah profesional dalam bidang image editing. dengan hadirnya sebuah software untuk editing photo digital ini, setidaknya kita sudah banyak terbantu untuk mempercantik photo dan menambahkan item pada sebuah photo menjadi yang kita inginkan.

web design

sebuah web agar terlihat cantik dan menarik memerlukan sebuah design unix, yang mana semua ini memerlukan kreatifitas dari kita semua. Pada awalnya Web adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hypertext pengguna kemudian dituntun untuk dapat menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen Web yang ditampilkan oleh browser. Saat ini internet telah identik dengan web, karena ternyata web mampu memacu perkembangan internet sehingga dengan kepopulerannya web kemudian menjadi standar interface pada layanan-layanan yang ada di internet, dari awal yang hanya sebagai penyedia informasi sampai kini dapat digunakan untuk komunikasi seperti E-mail dan chatting serta mampu melakukan transaksi bisnis (E-Commerce), mengikuti polling, membaca berita dan koneksi dengan database. Sedangkan design adalah ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Jadi Web design berarti sebuah kreatifitas untuk mempercantik tampilan sebuah blog yang berguna untuk menyampai kan hal untuk pribadi atau umum.

Pengertian web design
Desaign web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhandan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yangutama memusatkan pada tampilan dan cita rasa.Sedangakan aspek yang mencangkup pada designweb antara lain menciptakan animasi dan grafik,pemilihan warna ,grafik dan font. Hal yang harus dikuasai oleh seorang web designer :1.
 
Penguasaan cita rasa senia.
 
Mengeksplorasi Imajinasinya dan menggali cita rasa seninya yang dituangkankedalam halaman web.b.
 
Mampu memilih warna yang baik dan memadukannya dengan warna yang lainsehingga menciptakan pepaduan warna yang serasi.c.
 
Mampu membuat bentuk atau skeysa yang baik dari bentuk halaman web.d.
 
Mampu menggabukan imajinasi atau ide original dan menggabungkannya dari pihakclient.e.
 
Mampu menempatkan komponen multimedia pada bagian-bagian tertentu sehinggahalaman web lebih menarik.2.
 
Penguasaan tool pendukung perancangan weba.
 
Program aplikasi pengatur layout web-
 
Macromedia dreamweaver,Ms.Frontpage,edit plus,php dll.b.
 
Program aplikasi pembuat animasi-
 
Macromedia Flash ,Swishc.
 
Program aplikasi pembuat design grafis-
 
Photoshop, Corel ,Paint dll.3.
 
Penguasaan membuat Interface4.
 
Penguasaan Bahasa pemrograman
Fungsi situs web
Sebelum mendesign , sebaiknya kita mngetahui dan memahami beberapa fungsi situs web agardesign yang dibuat sesuai dengan fungsi situs web.Secara umum fungsi situs web adalah sebagaiberikut:1.
 
Fungsi KomunikasiSitus web tang berfungsi sebagai komunikasi pada umumnya adalah web dinamis.Karenadibuat menggunakan pemrograman web(server side)maka dilengkapi dengan fasilitas yangmemberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail ,formanthec,chatting,forum dll.2.
 
Fungsi Informasi-
 
Menekankan pada kualitas konten,karena tujuan situs ini mnyampaikan isinya.
 

 –
 
Sebaiknya berisi teks dan grafik-
 
Fasilitas yang memberikan fungsi informasi,news,file,company,library,prefencesdll3.
 
Fungsi EntertaimentSebagai sarana hiburan/penggunaan animasi gambar dan element bergerak dapatmeningkatkan mutu persentasi design,meski tetap harus mempertimbangkan kecepatandownloadnya.Contoh fungsi Entertaiment: game online,film online,music online dll.4.
 
Fungsi TransaksiSitus web dapat dijadikan transaksi bisnis baik barang jasa,dll.situs web menghubungkanperusahaan konsumen dan komunitas tertentu melalui sarana elektronik.Pembayarannyabisa memudahkan kartu kredit,transfer atauupun membayar langsung. 
Cara kerja Web
1.
 
Browser web mengambil sebuah informasi berupa requst yang berisi alamat web/pageaddress.2.
 
Web server memberikan feedback berupa perintah response untuk setiap request yangdilanjutkan dengan memberikan informasi yang diminta oleh web browser.3.
 
Kemudian Browser web menampilkan informasi yang elah diterima dari server web yangdisimpan dalam sebuah dokumen web formatnya berupa HTTP.
 Web terdiri dari 4 bagian:
1.
 
HTTP(Hyper Text Type Protocol)Standard aturan yang digunakan untuk melakukan komunikasi jaringan pada komputer.2.
 
URL (
Uniform Resource Locator)
 Alamat yang digunakan untuk mengakses situs web.URL terbagi menjadi beberapa bagian:-
 
Anchor name-
 
Protocol transfer(http,ftp dll)-
 
Host name-
 
Path/nama file-
 
Document file name3.
 
Client server4.
 
HTML(Markup Languange)
 
 

 HTML terdiri dari elemen HTML,elemen head,elemen title/judul,elemen body/isi.Elemen-elemen tersebut diapitoleh delimeter yang berupa tanda < dan >.Elemen yang terdapatdalam dokumen html terbagi menjadi 2 yaitu section head dan section body.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 22, 2012 inci Uncategorized

 

Tinggalkan komentar